Sisa 4 Balapan Lagi! David Alonso Juara Moto3 2024 Usai GP Jepang

Daftar Isi

 Satupiston.com - Assalamu'alaikum. David Alonso (CFMOTO Gaviota Aspar Team) telah menorehkan sejarah sebagai Juara Dunia Moto3 2024! 


Sisa 4 Balapan Lagi! David Alonso Juara Moto3 2024 Usai GP Jepang
David Alonso di Moto3 Jepang 2024. Sumber: Instagram/ d.alonso80


Setelah mengumpulkan 10 kemenangan luar biasa sepanjang musim, Alonso memastikan gelar juara dunia di Jepang, sekaligus menjadi pembalap Kolombia pertama yang memenangkan kejuaraan Grand Prix di kelas mana pun.


Perjalanan Alonso menuju gelar juara dunia dimulai pada tahun 2019 saat ia memulai debutnya di European Talent Cup sebagai bagian dari jalur menuju MotoGP. 


Di musim pertamanya, Alonso finis di posisi kelima secara keseluruhan dan empat kali naik podium. Prestasi ini menjadi pertanda dari kesuksesan yang akan datang, saat ia meraih gelar juara ETC pada 2020 bersama tim Aspar, mengantongi lima kemenangan. 


Pada tahun yang sama, Alonso juga berlaga di Red Bull MotoGP Rookies Cup, di mana ia mencatatkan kemenangan pertamanya dan mengakhiri musim di posisi keempat secara keseluruhan.


Tahun 2021 menjadi titik balik kariernya ketika Alonso berhasil menyabet gelar Rookies Cup dengan enam kemenangan. Debutnya di kelas JuniorGP juga cukup gemilang dengan tambahan dua podium. Pada 2022, Alonso melanjutkan kariernya di JuniorGP bersama Aspar dan berhasil mengklaim kemenangan pertama di Valencia, yang kemudian membawanya ke level Kejuaraan Dunia pada 2023.


Di musim debutnya di Moto3 tahun 2023, Alonso menunjukkan bakat yang luar biasa. Dalam empat balapan pertama, ia sudah berhasil meraih podium pertamanya, menjadikannya pembalap Kolombia pertama yang berdiri di podium Grand Prix.


Tak lama kemudian, ia mencetak kemenangan Grand Prix perdananya di Silverstone, mengukir nama Kolombia dalam sejarah pemenang Grand Prix. 


Setelah itu, Alonso terus mengukir prestasi dengan tiga kemenangan tambahan di Barcelona, Misano, dan Buriram. Total empat kemenangan dan empat finis kedua membuatnya menutup musim pertamanya di posisi ketiga klasemen, hanya terpaut kurang dari 30 poin dari juara dunia, Jaume Masia.


Tahun 2024 tiba, dan Alonso langsung menjadi favorit kuat. Kemenangan pembukanya di Qatar seakan menjadi ramalan akan dominasi musim ini, sekaligus memberikan penghargaan bagi CFMOTO sebagai pabrikan Tiongkok pertama yang memenangi Grand Prix. 


Tak berhenti di sana, Alonso terus tampil gemilang dengan meraih sembilan kemenangan tambahan, menjadikannya pemegang rekor kemenangan Moto3 terbanyak sepanjang sejarah dengan total 14 kemenangan.


Puncaknya terjadi di Jepang. Dengan kemenangan spektakuler lainnya, Alonso meraih gelar Grand Prix pertamanya dan menjadi Juara Dunia pertama dari Kolombia, sementara masih tersisa empat balapan lagi untuk dijalani.


Berikut adalah klasemen 5 besar Moto3 2024:

  1. David Alonso (CFMOTO Gaviota Aspar Team): 321 poin
  2. Daniel Holgado (Red Bull GASGAS Tech3): 212 poin
  3. Collin Veijer (Liqui Moly Husqvarna Intact GP): 209 poin
  4. Ivan Ortola (MT Helmets - MSI): 191 poin
  5. David Muñoz (BOE Motorsports): 141 poin

Wassalamu'alaikum.

Irvan, S.E.
Irvan, S.E. Hallo, Saya Irvan, Saya adalah blogger yang sudah aktif menulis mengenai seluk-beluk permotoran sejak tahun 2019 dan sekarang merambah ke permobilan. Saya adalah lulusan SMK Otomotif di tahun 2015 dan lulus sebagai Sarjana Ekonomi di tahun 2019.

  Ikuti Kami di  -Google News-

 ⚠  Iklan  ⚠ 

 ⚠  Iklan  ⚠ 
 ⚠  Iklan  ⚠ 

Suka dengan artikel Satupiston.com? Jangan lupa subscribe kami di Youtube :)