Dua Kali Halangi Ambulans, Aksi Pemotor di Parung Bogor Tuai Kecaman

Daftar Isi

 Satupiston.com - Assalamu'alaikum. Dalam sebuah video yang viral di media sosial, seorang pengendara motor terekam dua kali menghalangi laju ambulans yang sedang membawa pasien dalam kondisi darurat. 

Dua Kali Halangi Ambulans, Aksi Pemotor di Parung Bogor Tuai Kecaman
Pemotor yang kedapatan 2x menghalangi laju ambulan, diduga terjadi di Parung Bogor. Sumber: Tangkapan layar Instagram/ memomedsos_official

Insiden ini terjadi pada Jumat siang (30/08/2024) di Jalan Raya Parung, dan langsung menjadi sorotan netizen.

Kejadian seperti ini menunjukkan betapa pentingnya kesadaran berlalu lintas, terutama dalam situasi yang melibatkan kendaraan darurat. 

Banyak orang mungkin tidak menyadari bahwa setiap detik yang terbuang bisa berdampak besar pada keselamatan nyawa seseorang.

Ketika sebuah ambulans dengan sirene yang menyala melaju di jalan, itu adalah sinyal bahwa ada seseorang yang sedang membutuhkan bantuan medis secepatnya. 

Sayangnya, tidak semua pengendara menyadari atau mematuhi aturan yang mewajibkan mereka untuk memberi jalan.

Aksi pengendara motor yang terekam dalam video ini memperlihatkan bagaimana perilaku yang kurang bijak di jalan raya dapat berpotensi membahayakan nyawa orang lain. 

Meski mungkin tidak ada niat untuk menghalangi ambulans, tindakan pengendara tersebut menunjukkan kurangnya kesadaran akan pentingnya keselamatan di jalan.

Menurut informasi yang dilansir dari akun Instagram @memomedsos_official, insiden ini bermula ketika seorang ibu-ibu pengendara motor terlihat terburu-buru memutar balik di depan ambulans yang sedang melaju cepat. 

Dalam rekaman dashcam milik ambulans, terlihat jelas bagaimana laju kendaraan darurat ini terhambat oleh aksi pemotor tersebut. 

Sang pengendara motor yang sepertinya ingin mendahului ambulans, tiba-tiba harus berhenti di tengah jalan karena tas yang dibawanya terjatuh. 

Akibatnya, ambulans harus menunggu hingga pemotor tersebut selesai mengambil tasnya yang jatuh.

Namun, permasalahan tidak berhenti di situ. Setelah insiden pertama, saat ambulans kembali melaju, pengendara motor tersebut kembali menghalangi jalan. 

Kali ini, ia mencoba menyalip ambulans dari sebelah kiri, membuat pengemudi ambulans harus kembali melambat untuk menghindari tabrakan. 

Aksi ini jelas membuat perjalanan ambulans semakin terhambat, meski seharusnya kendaraan darurat tersebut memiliki prioritas di jalan raya.

Insiden ini terjadi di Jalan Raya Parung pada Jumat siang, dan menimbulkan berbagai reaksi dari masyarakat. 

Banyak yang menyayangkan sikap pemotor tersebut yang dinilai tidak peka terhadap kondisi darurat yang sedang dihadapi oleh ambulans. 

Kejadian ini juga menjadi pengingat pentingnya edukasi dan penegakan hukum yang lebih ketat terkait aturan berkendara, terutama dalam situasi yang melibatkan kendaraan darurat.

Dalam situasi darurat, setiap detik sangat berharga. Ambulans yang terhalang di jalan dapat menyebabkan penundaan dalam penanganan medis yang dibutuhkan oleh pasien di dalamnya. 

Oleh karena itu, sudah sepatutnya kita semua sebagai pengguna jalan memiliki kesadaran dan tanggung jawab untuk selalu memberikan prioritas kepada kendaraan darurat seperti ambulans, demi keselamatan bersama.

Wassalamu'alaikum.

Irvan, S.E.
Irvan, S.E. Hallo, Saya Irvan, Saya adalah blogger yang sudah aktif menulis mengenai seluk-beluk permotoran sejak tahun 2019 dan sekarang merambah ke permobilan. Saya adalah lulusan SMK Otomotif di tahun 2015 dan lulus sebagai Sarjana Ekonomi di tahun 2019.

  Ikuti Kami di  -Google News-

 ⚠  Iklan  ⚠ 

 ⚠  Iklan  ⚠ 
 ⚠  Iklan  ⚠ 

Suka dengan artikel Satupiston.com? Jangan lupa subscribe kami di Youtube :)