Tutorial Cara Ganti Kampas Rem Depan GSX R150 Sendiri

Daftar Isi

 Satupiston.com - Assalamua'alaikum. Tutorial atau cara mengganti kampas rem depan GSX R150 sendiri ternyata cukup mudah dilakukan. Yang penting, ada kunci socket 12 mm dan bisa membuka serta memasang baut.

Tutorial atau Cara Ganti Kampas Rem Depan GSX R150 Sendiri

Mengganti kampas rem depan pada motor GSX R150 bisa dilakukan sendiri di rumah. Menurut Ujang, seorang pegawai bengkel motor di Ciburuy, Bandung Barat, proses ini cukup mudah jika dilakukan dengan alat yang tepat. "Yang paling penting adalah mempersiapkan semua alat sebelum mulai, agar tidak ada hambatan di tengah jalan," kata Ujang.


Pertama, siapkan alat dan bahan. Anda memerlukan kunci sock atau kunci T ukuran 12 mm untuk membuka baut kaliper pada shock depan. Ujang menekankan untuk tidak menggunakan kunci pas karena bisa membuat baut slek. Selain itu, siapkan tang untuk membuka klip dan memasang klip pengunci kampas pada kaliper. Obeng min yang cukup panjang juga diperlukan untuk membuka celah dari kampas rem baru.


Langkah pertama dalam mengganti kampas rem adalah membuka baut 12 mm yang mengikat kaliper dengan shock depan. Lepaskan kaliper dari piringan cakram secara hati-hati. "Jangan buru-buru saat melepas kaliper, karena bisa merusak piringan cakram," ujar Ujang. Setelah itu, buka klip pengikat kampas rem dengan menggunakan tang. Anda juga bisa mencongkel dengan obeng min jika klip sulit dilepas. Setelah klip terbuka, lepaskan pen yang mengganjal kampas rem.


Langkah berikutnya adalah melepas kampas rem dari kaliper rem. Ujang menyarankan untuk memperhatikan posisi kampas rem yang lama sebagai referensi saat memasang yang baru. "Pastikan posisi kampas rem baru sama dengan yang lama, agar tidak terjadi kesalahan pemasangan," jelas Ujang. Setelah itu, pasang kembali kampas rem baru pada kaliper rem dan pasang juga pengaitnya atau klipnya.


Biasanya setelah menggunakan kampas rem baru yang lebih tebal, celah dari kampas rem akan sangat mepet sehingga tidak bisa masuk pada piringan cakram. Oleh karena itu, gunakan obeng min untuk mencongkel celah kampas rem agar lebih lebar. "Hati-hati saat mencongkel, karena proses ini bisa membuat kampas rem jadi keropos," kata Ujang mengingatkan. Terakhir, pasangkan kaliper pada piringan cakram dan pasang piringan cakram pada shockbreaker depan dengan baut 12 mm yang tadi dilepas.


Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda bisa mengganti kampas rem depan GSX R150 sendiri di rumah. Ujang menambahkan, "Selalu pastikan semua baut terpasang dengan kencang dan tidak ada bagian yang terlewat sebelum mengendarai motor kembali."


Rangkuman Cara Ganti Kampas Rem Depan GSX R150 Sendiri

  • Alat dan Bahan yang Diperlukan

    1. Kunci sock atau kunci T ukuran 12 mm untuk membuka baut kaliper pada shock depan (jangan pakai kunci pas karena bisa slek bautnya).
    2. Tang untuk membuka klip dan memasang klip pengunci kampas pada kaliper.
    3. Obeng min yang cukup panjang untuk nantinya membuka celah dari kampas rem baru.
    4. Siapkan kampas rem depan yang sesuai untuk GSX R150, pesamaan kampas rem depan GSX R150 bisa dibaca di artikel berikut: Persamaan kampas rem GSX R150.

  • Langkah/ Cara Ganti Kampas Rem Depan GSX R150

    1. Buka baut 12 mm yang mengikat kaliper dengan shock depan
    2. Lepaskan kaliper dari piringan cakram secara hati-hati
    3. Buka klip pengikat kampas rem dengan menggunakan tang, bisa juga dicongkel dengan obeng min. Setelah itu, lepaskan pen yang mengganjal kampas rem
    4. Lepas kampas rem dari kaliper rem
    5. Pasang kembali kampas rem baru pada kaliper rem dan pasang juga pengaitnya (klipnya)
    6. Biasanya setelah pakai kampas baru yang lebih tebal, maka celah dari kampas rem akan sangat mepet sehingga tidak bisa masuk pada piringan cakram. Oleh karenanya, gunakan obeng min untuk mencongkel celah kampas rem agar lebih lebar. Pada tahap ini, hati-hati, sebab proses ini bisa membuat kampas rem jadi keropos.
    7. Pasangkan kaliper pada piringan cakram dan pasang piringan cakram pada shockbreaker depan dengan baut 12 mm yang tadi dilepas.

Video Tutorial Cara Ganti Kampas Rem Depan GSX R150



Wassalamu'alaikum.

Irvan, S.E.
Irvan, S.E. Hallo, Saya Irvan, Saya adalah blogger yang sudah aktif menulis mengenai seluk-beluk permotoran sejak tahun 2019 dan sekarang merambah ke permobilan. Saya adalah lulusan SMK Otomotif di tahun 2015 dan lulus sebagai Sarjana Ekonomi di tahun 2019.

  Ikuti Kami di  -Google News-

 ⚠  Iklan  ⚠ 

 ⚠  Iklan  ⚠ 
 ⚠  Iklan  ⚠ 

Suka dengan artikel Satupiston.com? Jangan lupa subscribe kami di Youtube :)