Pantes Martin ke Aprilia, Ternyata Prima Pramac Racing Resmi Tinggalkan Ducati dan Gabung Yamaha Mulai Musim Depan

Daftar Isi

 Satupiston.com - Assalamu'alaikum. Wajar saja jika Jorge Martin "habis kesabaran" dan memutuskan hengkang di musim depan ke Aprilia, ternyata timnya saat ini yakni Prima Pramac Racing akan pergi dari Ducati menuju Yamaha mulai musim depan.

Pantes Martin ke Aprilia, Ternyata Prima Pramac Racing Resmi Tinggalkan Ducati dan Gabung Yamaha Mulai Musim Depan

Prima Pramac Racing telah membuat keputusan mengejutkan dengan meninggalkan Ducati dan beralih ke Yamaha mulai musim depan. 


Isu ini sebenarnya sudah terendus sejak beberapa pekan lalu, dan pada akhirnya, menjadi wajarlah kenapa Jorge Martin meninggalkan tim ini.


Selain dari pada tidak kunjung dipromosikan karena adanya Marc Marquez, alasan lainnya adalah tentu karena tim Prima Pramac ini akan ke Yamaha.


Keputusan ini memicu reaksi beragam, terutama karena performa Yamaha yang dinilai kurang memuaskan dibandingkan dengan Aprilia.


Keputusan ini membuat Jorge Martin mempertimbangkan kembali masa depannya bersama tim. Sebagai pembalap yang potensial, ketidakpromosian Martin ke tim utama Ducati menjadi faktor penting dalam keputusan ini. 


Di satu sisi, bergabungnya Pramac Racing dengan Yamaha bisa menjadi peluang baru, namun di sisi lain, performa Yamaha yang sedang terpuruk membuat keputusan ini menjadi penuh risiko. Martin harus mempertimbangkan apakah akan tetap bersama Pramac Racing atau mencari tim lain yang lebih kompetitif.


Morbidelli Kembali ke Yamaha

Di sisi lain, Franco Morbidelli, yang sebelumnya membela Yamaha di tim Petronas Yamaha dan Monster Energy Yamaha, berpotensi kembali ke tim tersebut. 


Meskipun belum ada konfirmasi resmi, kemungkinan ini muncul di tengah spekulasi tentang perpindahan tim di musim depan. Morbidelli harus memutuskan apakah akan kembali ke Yamaha atau mencari tim lain yang menawarkan peluang lebih baik.


Pernyataan Resmi dari Yamaha Motor Co., Ltd.

Yamaha Motor Co., Ltd. dengan bangga mengumumkan bahwa Prima Pramac Racing akan menjadi 'Tim Pabrik Kedua' Yamaha mulai tahun 2025, sambil tetap menjadi tim yang dimiliki secara independen. Program multi-tahun ini mencakup kerja sama erat antara kedua pihak, termasuk Yamaha menyediakan sepeda motor YZR-M1 spesifikasi pabrik yang sama, pembalap yang dikontrak langsung oleh Yamaha, dan staf teknik MotoGP yang dikontrak oleh Yamaha bekerja sama dengan staf tim Prima Pramac Racing.


Yamaha Motor Co., Ltd. senang mengumumkan kesepakatan multi-tahun mereka dengan Prima Pramac Racing yang akan menambahkan dua motor YZR-M1 Pabrik tambahan di grid MotoGP mulai tahun 2025. Tim Pabrik Yamaha kedua yang baru ini akan tetap dimiliki secara independen dan tetap berbasis di Rugby, Inggris. Formasi pembalap Prima Pramac Racing tahun 2025 akan diumumkan dalam waktu dekat. Dengan menggandakan kehadiran Yamaha di grid MotoGP tahun depan, Yamaha bertujuan untuk membuat pernyataan kuat tentang niat mereka untuk kembali ke jalur kemenangan dalam waktu dekat.


Lin Jarvis, Managing Director Yamaha Motor Racing, menyatakan, "Ini adalah masa-masa sibuk bagi Yamaha, baik di lintasan maupun di belakang layar. Yamaha Motor Co., Ltd. (YMC) dan Yamaha Motor Racing (YMR) tidak merahasiakan bahwa mereka mengerahkan semua upaya mereka untuk pengembangan sepeda motor. Kami sekarang memasuki fase berikutnya – fase yang telah kami nantikan sejak lama: kedatangan tim Yamaha kedua."


Jarvis menambahkan, "Kemitraan baru dengan Prima Pramac Racing akan mengambil bentuk yang berbeda dari yang kami gunakan di masa lalu. Alih-alih menjadi tim satelit, dengan kesepakatan baru ini Yamaha menaruh kepercayaan mereka pada Pramac Racing, dan kami akan menyediakan mereka dengan sepeda motor Pabrik yang memiliki spesifikasi sama dengan yang digunakan oleh Tim Monster Energy Yamaha MotoGP. Targetnya adalah mempercepat pengembangan sepeda motor, yang tetap menjadi prioritas utama YMC dan YMR dalam upaya kami untuk kembali ke jalur kemenangan, serta memiliki empat pembalap kompetitif di kejuaraan MotoGP dalam dua tim kelas atas."


Selain program MotoGP, kolaborasi ini mencakup proyek Moto2 di masa depan untuk menyediakan platform guna mempersiapkan pembalap MotoGP masa depan. Masih terlalu dini untuk memberikan rincian tentang program ini saat ini karena akan dikembangkan dalam beberapa bulan mendatang. Jarvis menyampaikan apresiasi pribadi dan terima kasih kepada Paolo Campinoti, CEO Pramac, dan Gino Borsoi, Manajer Tim Prima Pramac Racing, atas kepercayaan dan keyakinan mereka pada Yamaha. "Kami sangat menghormati tim mereka, dan kami berkomitmen penuh untuk membuat kemitraan baru ini berhasil selama bertahun-tahun mendatang," ujarnya.

Wassalamu'alaikum.

Irvan, S.E.
Irvan, S.E. Hallo, Saya Irvan, Saya adalah blogger yang sudah aktif menulis mengenai seluk-beluk permotoran sejak tahun 2019 dan sekarang merambah ke permobilan. Saya adalah lulusan SMK Otomotif di tahun 2015 dan lulus sebagai Sarjana Ekonomi di tahun 2019.

  Ikuti Kami di  -Google News-

 ⚠  Iklan  ⚠ 

 ⚠  Iklan  ⚠ 
 ⚠  Iklan  ⚠ 

Suka dengan artikel Satupiston.com? Jangan lupa subscribe kami di Youtube :)