Bagnaia Mendapat Penalti 3 Posisi di MotoGP Italia

Daftar Isi

 Satupiston.com - Assalamu'alaikum. Francesco "Pecco" Bagnaia dijatuhi hukuman penalti mundur tiga posisi saat start oleh FIM Steward. Keputusan ini diambil karena Bagnaia dianggap menghalangi jalur dan berkendara lambat di racing line, yang hampir menyebabkan kecelakaan dengan Alex Marquez. 

Bagnaia Mendapat Penalti 3 Posisi di MotoGP Italia

Dari sudut pandang keselamatan, tindakan Pecco dianggap sangat berbahaya. Namun, yang menarik adalah respon Bagnaia yang justru menuduh Alex sebagai pemain sandiwara ulung.


Insiden ini terjadi pada sesi latihan Jumat di MotoGP Italia, di mana Alex Marquez terlihat marah setelah hampir bertabrakan dengan Pecco yang tiba-tiba melambat di jalur balap. FIM Stewards segera melakukan investigasi atas kejadian tersebut. 


Meski demikian, Bagnaia tetap berhasil memimpin dengan Alex Marquez berada di posisi kedelapan, sehingga keduanya lolos langsung ke Kualifikasi 2 pada hari Sabtu.


Pada Jumat malam, FIM Steward MotoGP mengumumkan bahwa Bagnaia akan menerima penalti mundur tiga posisi di grid start balapan grand prix hari Minggu karena 'berkendara lambat dan mengganggu pebalap lain #73 di Tikungan 12'. Berdasarkan protokol penalti yang dikeluarkan untuk tim, hukuman ini mencerminkan bahwa insiden tersebut terjadi pada 20 menit terakhir sesi latihan, saat para pebalap sedang berusaha masuk ke Q2, namun juga merupakan pelanggaran pertama bagi Bagnaia.


Ducati sempat mengajukan banding terhadap penalti tersebut, tetapi FIM Appeal Stewards menolak banding tersebut dan mengonfirmasi keputusan panel MotoGP Stewards. Alex Marquez sebelumnya telah mengungkapkan kekesalannya terhadap Pecco, menyatakan bahwa Pecco melambat di tengah jalur ketika ia sedang meningkatkan waktu putarannya, yang dianggap sangat berbahaya.


Pecco sendiri merasa tidak ada yang perlu dipermasalahkan dan bahkan menyebut Alex sebagai pemain sandiwara yang hebat yang berhasil menarik perhatian FIM Steward. Pecco menyatakan, "Tidak ada apa-apa, itu hal biasa… Aku hanya mengerem keluar dari racing line. Aku rasa dia pemain sandiwara yang hebat. Percuma melakukan [isyarat] tangan seperti itu. Tapi harus akui itu adalah pertunjukan yang bagus. Kalau aku di penalti gara-gara itu… [itu akan] konyol. Aku menunggu tetapi aku rasa tidak akan menerima penalti.”


Namun kenyataannya, Pecco memang menerima penalti. Keputusan tersebut diumumkan pada malam hari setelah sesi usai, setelah FIM Steward meneliti rekaman insiden tersebut dan menganggap tindakan Pecco berpotensi menyebabkan kecelakaan.

Wassalamu'alaikum.

Irvan, S.E.
Irvan, S.E. Hallo, Saya Irvan, Saya adalah blogger yang sudah aktif menulis mengenai seluk-beluk permotoran sejak tahun 2019 dan sekarang merambah ke permobilan. Saya adalah lulusan SMK Otomotif di tahun 2015 dan lulus sebagai Sarjana Ekonomi di tahun 2019.

  Ikuti Kami di  -Google News-

 ⚠  Iklan  ⚠ 

 ⚠  Iklan  ⚠ 
 ⚠  Iklan  ⚠ 

Suka dengan artikel Satupiston.com? Jangan lupa subscribe kami di Youtube :)