Apakah Knalpot TZM Kena Tilang? Ini Analisa Kami

Daftar Isi

Kita bicara soal knalpot, di mana apakah knalpot dengan merek TZM kena tilang atau tidak? Ini tentu menarik bukan? Sebab di kalangan para bikers sendiri ada dua kubu tentang jawaban pertanyaan ini.

Apakah Knalpot TZM Kena Tilang? Ini Analisa Kami

Satupiston.com - Assalamu’alaikum. Knalpot dengan merek TZM adalah salah satu brand knalpot yang memproduksi knalpot dengan tampilan seperti knalpot standar motor (sesuai dengan tipe motornya, misalnya NMax, Beat, PCX, dan lainnya).

 

Baca Juga: Apakah Pakai Knalpot Fu di Motor Lain Kena Tilang?


Meski memiliki tampilan silincer seperti standar, untuk leheran knalpotnya biasanya cukup racy look.

 

Baca Juga: Viral, Knalpot Standar Kena Tilang, Loh Kok Bisa?


Banyak yang menanyakan apakah knalpot ini ditilang atau tidak, terutama karena suaranya yang cenderung lebih bising dibandingkan knalpot standar.

 

Latar Belakang

Dalam dunia modifikasi motor, penggunaan knalpot aftermarket atau non-standar sudah menjadi hal yang lumrah.

 

Baca Juga: Biaya Denda Tilang Pakai Knalpot Racing


Salah satu brand yang cukup populer adalah knalpot TZM. Knalpot ini memiliki keunggulan tampilan yang mirip dengan knalpot standar, namun memberikan kesan sporty dan agresif.

 

Namun, meskipun memiliki kelebihan dalam hal penampilan dan suara yang memukau, penggunaan knalpot TZM seringkali menimbulkan pertanyaan mengenai legalitasnya di jalan raya, terutama terkait kebisingan suara.

 

Analisis Mengenai Legalitas Knalpot TZM: Apakah Knalpot TZM Kena Tilang?

Di Indonesia, regulasi mengenai kebisingan suara knalpot memang belum jelas secara gamblang, masih cukup terbatas dan belum terlalu ketat.

 

Baca Juga: Knalpot Yang Diperbolehkan Polisi


Hal ini menyebabkan banyak pengendara motor memilih untuk menggunakan knalpot aftermarket dengan suara yang lebih bising tanpa memperhatikan aturan yang ada.

 

Knalpot TZM sendiri, meskipun memiliki tampilan seperti knalpot standar, namun suaranya yang lebih bising dari knalpot standar bisa menimbulkan masalah jika diperiksa oleh petugas kepolisian.

 

Pengalaman Pengguna

Beberapa pengguna knalpot TZM mungkin memiliki pengalaman yang berbeda-beda terkait penggunaannya di jalan raya.

 

Ada yang merasa nyaman dengan suara knalpotnya yang bising, namun ada juga yang merasa khawatir akan ditilang oleh petugas karena kebisingan suara yang melebihi batas yang ditentukan.

 

Dan mengenai kena tilang atau tidak, ini tergantung kondisi di lapangan. Mirip seperti kasus naik motor tidak pakai helm, di mana kadang kena, kadang tidak.

 

Jika ada razia lalu diberhentikan oleh polisi, maka motor yang pakai knalpot ini bisa saja kena tilang karena bunyi motornya sudah tidak sesenyap motor standar.

 

Kasusnya mirip seperti motor yang pakai knalpot bobokan.

 

Kelebihan Knalpot TZM

  • Tampilan seperti knalpot standar: Salah satu keunggulan utama knalpot TZM adalah tampilannya yang mirip dengan knalpot standar, membuatnya cocok untuk digunakan pada berbagai jenis motor.
  • Suara cukup adem bila dibandingkan dengan knalpot full racing: Meskipun memiliki suara yang lebih bising dibandingkan knalpot standar, namun suara knalpot TZM tergolong masih cukup nyaman untuk didengar.
  • Bobot ringan: Knalpot TZM memiliki bobot yang relatif ringan dibandingkan dengan knalpot racing lainnya, sehingga tidak memberi beban berlebih pada motor.

 

Kekurangan Knalpot TZM

  • Harganya bisa cukup mahal dibanding brand knalpot racing: Meskipun memiliki tampilan dan suara yang menarik, harga knalpot TZM cenderung lebih mahal dibandingkan dengan beberapa brand knalpot racing lainnya.
  • Build Quality di bawah knalpot standar: Kualitas pembuatan knalpot TZM masih di bawah standar (ini bisa kita cek di review pengguna). Tapi ini wajar, mengtingat harga knalpot ini lebih murah dari knalpot standar bawaan pabrik.

 

Rekomendasi

Bagi kalian yang ingin menggunakan knalpot TZM, sebaiknya mempertimbangkan beberapa hal sebagai berikut:

  • Pertimbangkan hukum dan regulasi: Pastikan untuk memahami hukum dan regulasi terkait kebisingan suara knalpot di wilayah tempat kalian berada. Meskipun regulasinya belum terlalu ketat, tetaplah mematuhi aturan yang ada.
  • Gunakan dengan bijak: Meskipun suara knalpot TZM mungkin lebih bising dan menarik, gunakanlah dengan bijak. Hindari menggeber gas secara berlebihan di tempat-tempat yang padat pengunjung agar tidak mengganggu lingkungan sekitar.
  • Perhatikan keamanan berkendara: Selain masalah tilang, pastikan bahwa penggunaan knalpot aftermarket tidak mengganggu kenyamanan berkendara atau bahkan menyebabkan kerusakan pada motor.

 

Jadi, meskipun knalpot TZM memiliki kelebihan dalam tampilan dan suara, penggunaannya tetap memerlukan pertimbangan yang matang.

 

Regulasi mengenai kebisingan suara knalpot di Indonesia masih belum begitu ketat, namun hal ini bisa berubah sewaktu-waktu.

 

Sebagai pengguna motor, penting untuk memahami dan mematuhi aturan yang ada demi keselamatan dan kenyamanan bersama di jalan raya.

Wassalamu’alaikum.

Irvan, S.E.
Irvan, S.E. Hallo, Saya Irvan, Saya adalah blogger yang sudah aktif menulis mengenai seluk-beluk permotoran sejak tahun 2019 dan sekarang merambah ke permobilan. Saya adalah lulusan SMK Otomotif di tahun 2015 dan lulus sebagai Sarjana Ekonomi di tahun 2019.

  Ikuti Kami di  -Google News-

 ⚠  Iklan  ⚠ 

 ⚠  Iklan  ⚠ 
 ⚠  Iklan  ⚠ 

Suka dengan artikel Satupiston.com? Jangan lupa subscribe kami di Youtube :)