Ukuran Gear Standar KLX 150 SM dan SM SE

Daftar Isi

Ukuran gear standar KLX 150 SM dan KLX 150 SM SE itu berapa sih? Buat yang penasaran dan ingin tahu, mari kita cari tahu di artikel ini.

 

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai motor KLX 150 SM dan KLX 150 SM SE dari sisi final gear yang dikenakan.

 

Jika kita sedang mencari motor dual-purpose dengan kinerja yang bagus, maka Kawasaki KLX 150 SM dan SM SE bisa menjadi pilihan yang tepat.

 

Motor ini memiliki tampilan yang menarik, tenaga yang cukup, dan pengendalian yang stabil di berbagai medan.

 

Namun, sebelum memutuskan untuk membeli motor ini, ada beberapa hal yang perlu kita ketahui, termasuk ukuran gear standar yang digunakan.

 

Mengenal KLX 150 SM dan SM SE

Ukuran Gear Standar KLX 150 SM dan SM SE

Sebelum membahas ukuran gear, kita perlu mengenal sedikit tentang KLX 150 SM dan SM SE.

 

Keduanya merupakan motor dual-purpose dengan mesin 4 tak berkapasitas 144 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 12 PS pada 8.000 rpm dan torsi maksimum 11,3 Nm pada 6.500 rpm.

 

KLX 150 SM dan SM SE juga dilengkapi dengan sistem pengereman cakram di kedua roda dan suspensi depan dengan diameter 35 mm.

 

Perbedaan antara KLX 150 SM dan SM SE terletak pada warna dan fitur yang disediakan.

 

KLX 150 SM hadir dengan satu pilihan warna saja, sedangkan KLX 150 SM SE hadir dengan varian warna yang lebih banyak.

 

Di sisi lain KLX 150 SM SE juga dibekali dengan beberapa tambahan seperti stang fat bar, hingga pelindung tangan pada stang serta pelindung rangka dan mesin.

 

Ukuran Gear Standar KLX 150 SM dan SM SE

Sekarang, mari kita bahas tentang ukuran gear standar KLX 150 SM dan SM SE. Untuk motor ini, ukuran gear standar yang digunakan adalah 14 gigi untuk gear depan dan 45 gigi untuk gear belakang.

 

Rasio final gear yang digunakan adalah sebesar 3.214. Rasio final gear sendiri didapat dari membagi ukuran gear belakang dengan gear depan.

 

Pemilihan ukuran gear standar ini memberikan akselerasi yang baik pada KLX 150 SM dan SM SE, baik di jalan raya maupun di medan off-road.

 

Namun, tentu saja kita masih bisa melakukan penyesuaian ukuran gear untuk memenuhi kebutuhan berkendara kita.

 

Rasio final gear sendiri bisa diubah dengan cara mengganti ukuran gear baik yang depan atau belakang.

 

Perhatikan acuan dalam mengubah rasio final gear, di mana semakin besar rasio final gear, maka akselerasi akan lebih besar namun nafas motor jadi lebih pendek.

 

Hal berkebalikan akan terjadi jika rasio final gear dibuat menjadi lebih kecil, di mana nafas jadi lebih panjang namun akselerasi jadi lebih kecil.

 

Kesimpulan

Kesimpulannya, KLX 150 SM dan SM SE adalah motor dual-purpose yang memiliki performa yang cukup baik.

 

Ukuran gear standar yang digunakan adalah 14 gigi untuk gear depan dan 45 gigi untuk gear belakang, dengan rasio final gear 3.214.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Irvan, S.E.
Irvan, S.E. Hallo, Saya Irvan, Saya adalah blogger yang sudah aktif menulis mengenai seluk-beluk permotoran sejak tahun 2019 dan sekarang merambah ke permobilan. Saya adalah lulusan SMK Otomotif di tahun 2015 dan lulus sebagai Sarjana Ekonomi di tahun 2019.

  Ikuti Kami di  -Google News-

 ⚠  Iklan  ⚠ 

 ⚠  Iklan  ⚠ 
 ⚠  Iklan  ⚠ 

Suka dengan artikel Satupiston.com? Jangan lupa subscribe kami di Youtube :)