Arti Part Fast Moving di Dunia Otomotif

Daftar Isi

Arti part fast moving di dunia otomotif itu apa? Ini merupakan salah satu hal yang kerap disebutkan, terlebih di bengkel-bengkel. Namun apa maksudnya?

 

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai part fast moving.

 

Saat kita berbicara tentang suku cadang atau part di dunia otomotif, salah satu istilah yang sering kita dengar adalah "Fast Moving".

 

Apa sebenarnya arti dari istilah tersebut dan bagaimana pengaruhnya terhadap pemilik kendaraan?

 

Arti Part Fast Moving di Dunia Otomotif

Part Fast Moving adalah istilah yang digunakan dalam industri otomotif untuk merujuk pada suku cadang yang memiliki rotasi atau perputaran yang cepat di pasar.

 

Suku cadang jenis ini biasanya sering digunakan pada kendaraan, dan cenderung membutuhkan penggantian secara berkala atau rutin.

 

Beberapa contoh part Fast Moving yang paling umum diantaranya adalah filter oli, filter udara, busi, kampas rem, wiper, hingga ban.

 

Mengapa Part Fast Moving Penting?

Pentingnya part Fast Moving terletak pada fungsinya yang sangat vital bagi kendaraan.

 

 Jika suku cadang yang tergolong dalam part Fast Moving tersebut tidak berfungsi dengan baik atau sudah aus, dapat berdampak pada performa kendaraan dan bahkan dapat membahayakan keselamatan pengemudi dan penumpang.

 

Oleh karena itu, penggantian suku cadang Fast Moving secara berkala sangat penting agar kendaraan tetap beroperasi dengan baik dan aman.

 

Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengganti Part Fast Moving?

Waktu yang tepat untuk mengganti part Fast Moving bervariasi tergantung pada jenis suku cadang dan pemakaian kendaraan.

 

Namun secara umum, beberapa part Fast Moving seperti filter oli dan filter udara sebaiknya diganti setiap 10.000 km atau setahun sekali, kampas rem dan wiper sekitar 20.000 km.

 

Namun, tetap disarankan untuk memeriksa buku manual kendaraan atau berkonsultasi dengan bengkel terpercaya untuk mengetahui waktu yang tepat untuk mengganti suku cadang Fast Moving pada kendaraan kita

 

Jenis-jenis Fast Moving

Ada beberapa jenis fast moving yang sering ditemukan pada kendaraan, di antaranya:

1. Oli Mesin

Oli mesin adalah salah satu cairan yang kadar keausannya sangat cepat, yakni hanya beberapa ribu Km saja tergantung pemakaian.

 

Oleh karenanya, di bengkel kendaraan, biasanya akan ada yang namanya oli mesin dan cukup mendominasi.

 

2. Filter

Arti Part Fast Moving di Dunia Otomotif

Filter adalah komponen yang berfungsi untuk menyaring kotoran atau partikel-partikel kecil dari bahan bakar atau oli agar tidak mengganggu performa mesin mobil.

 

Filter bahan bakar dan filter oli termasuk dalam jenis part fast moving.

 

3. Ban

Ban juga termasuk dalam jenis part fast moving karena memiliki masa pakai yang relatif singkat. Ban yang sudah aus atau tidak layak pakai dapat mengancam keselamatan pengendara.

 

Namun untuk ban ini memang ada perdebatan, sebab ban ada yang awet (misal yang hard compound), serta ada yang mudah sekali aus seperti yang soft compound.

 

4. Busi

Busi adalah komponen yang berfungsi untuk membakar campuran bahan bakar dan udara di dalam ruang bakar mesin.

 

Komponen ini memerlukan penggantian secara berkala untuk menjaga performa mesin.

 

Di antara part di sistem pengapian lain, dapat dikatakan jika busi adalah salah satu part di sistem pengapian yang punya masa pakai paling pendek (misal jika dibandingkan dengan koil, kabel busi, cop busi, atau bahkan dengan spul).

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Irvan, S.E.
Irvan, S.E. Hallo, Saya Irvan, Saya adalah blogger yang sudah aktif menulis mengenai seluk-beluk permotoran sejak tahun 2019 dan sekarang merambah ke permobilan. Saya adalah lulusan SMK Otomotif di tahun 2015 dan lulus sebagai Sarjana Ekonomi di tahun 2019.

  Ikuti Kami di  -Google News-

 ⚠  Iklan  ⚠ 

 ⚠  Iklan  ⚠ 
 ⚠  Iklan  ⚠ 

Suka dengan artikel Satupiston.com? Jangan lupa subscribe kami di Youtube :)