Pentingnya Bisnis Online Untuk Memperkuat Bisnis Offline

Daftar Isi

Pentingnya bisnis online untuk memperkuat sektor bisnis offline. Tentunya, para pebisnis di sektor otomotif pun harus mulai peka dengan hal ini dan berusaha bersaing di sektor digital demi mengembangkan bisnis.

 

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai bisnis online.

 

Bisnis online dapat dikatakan sebagai kegiatan usaha baik perorangan atau kelompok yang dijalankan secara daring atau digital.

 

Tentunya bisnis online ini bisa terlaksana karena di era sekarang, sudah banyak pihak aplikasi yang mendukung untuk terjadinya kegiatan usaha secara online.

 

Dan untuk itu bagi yang belum melakukan “go digital”, tentu perlu pikir-pikir lagi untuk segera meng-online-kan bisnisnya.

 

Sebab ada beberapa keuntungan dari melakukan peng-online-nan bisnis ini. Meski memang nanti ada beberapa “kekurangan” dari melakukan bisnis online ini.

 

Pentingnya Bisnis Online Untuk Memperkuat Bisnis Offline

Pentingnya Bisnis Online Untuk Memperkuat Bisnis Offline


Termasuk pada sektor otomotif seperti usaha bengkel, penjualan onderdil, aksesoris, hingga helm, bisnis online ini penting untuk memperkuat model bisnis offline yang sudah ada atau sudah dibuat.

 

Salah satu kelebihan dari bisnis secara online adalah seolah membuka cabang karena bisa mencakup banyak konsumen yang jaraknya jauh.

 

Bisnis secara online juga bisa menggaet konsumen baru yang awalnya tidak tertarik atau malu untuk datang ke toko.

 

Untuk itu yang sudah punya bisnis secara offline, tentu akan sangat penting untuk melakukan strategi meng-online-kan bisnisnya.

 

Bagaimana Cara Meng-online-kan Bisnis Offline?

Banyak data berseliweran yang mengklaim bahwa bisnis yang di-online-kan bisa membuat pendapatan atau laba bertambah karena jangkauan konsumen semakin bertambah juga.

 

Ini juga yang jadi alasan kenapa menjadi suatu keharusan jika punya bisnis offline harus juga di-online-kan.

 

Lalu bagaimana cara meng-online-kan bisnis yang masih offline? Di luar dari perencanaan serta keuangan, setidaknya kita bisa mulai dengan membuka akun media sosial seperti di Instagram, Facebook, Tiktok, dan tentunya WA (WA khusus bisnis).

 

Kemudian membuat akun di beberapa marketplace online seperti di Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, Blibli, dan lainnya.

 

Terlihat mudah bukan? Tetapi ada kekurangan atau setidaknya modal tambahan dari meng-online-kan bisnis ini.

 

Kekurangan Meng-Online-Kan Bisnis Offline

Ada yang bilang ini adalah kekurangan, tetapi kami lebih senang memanggilnya sebagai modal tambahan.

 

Sebab saat meng-online-kan bisnis offline, maka harus ada beberapa hal seperti modal tambahan untuk setidaknya membeli perangkat seperti komputer/ laptop/ smartphone, selain itu perlu juga anggaran untuk melakukan promo iklan di media sosial atau marketplace online (ini opsi alternatif).

 

Tetapi yang jelas, perlu bagian khusus yang menaungi sektor online shop agar bisa on time dan proses transaksi bisa berjalan dengan lancar.

 

Bahkan di banyak usaha online, para pemilik usaha sering memperkerjakan pegawai yang sudah ahli di bidang promosi online serta untuk optimasi marketplace online agar bisa dapat banyak cuan via orderan.

 

Di media sosial dan marketplace online sendiri, wajib hukumnya memberikan pelayanan dan barang/ jasa terbaik.

 

Sebab jika sampai dapat banyak review buruk, maka sama dengan mencoreng muka sendiri secara permanen.

 

Sebab di internet, review negatif bisa dilihat oleh banyak orang bahkan di jangka waktu yang lama.

 

Untuk itu, jika sampai review negatifnya banyak, maka bisa membuat bisnis online tidak kredibel dan tidak diminati.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Irvan, S.E.
Irvan, S.E. Hallo, Saya Irvan, Saya adalah blogger yang sudah aktif menulis mengenai seluk-beluk permotoran sejak tahun 2019 dan sekarang merambah ke permobilan. Saya adalah lulusan SMK Otomotif di tahun 2015 dan lulus sebagai Sarjana Ekonomi di tahun 2019.

  Ikuti Kami di  -Google News-

 ⚠  Iklan  ⚠ 

 ⚠  Iklan  ⚠ 
 ⚠  Iklan  ⚠ 

Suka dengan artikel Satupiston.com? Jangan lupa subscribe kami di Youtube :)