5 Perbedaan Tear Off dan Anti Fog Helm

Daftar Isi

Perbedaan tear off dan anti fog pada helm ada di aspek apa saja ya? Untuk yang masih bingung dengan hal ini, mari kita bahas saja bersama di artikel ini.

 

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. kali ini kita akan membahas mengenai tear off dan juga anti fog.

 

Buat para helmet lovers, mungkin tidak asing dengan tear off serta anti fog.

 

Bagi yang masih awam, tentu kedua komponen tersebut akan membingungkan. Namun, mari kita bahas saja bersama mengenai kedua item unik di helm tersebut.

 

Tetapi sebelum melangkah lebih jauh, kami akan bisikan terlebih dahulu jika tear off dan anti fog ini biasanya tidak secara default ada di unit helm dan hanya beberapa helm saja yang dijual dan termasuk komponen ini.

 

Perbedaan Tear Off dan Anti Fog Helm

Perbedaan Tear Off dan Anti Fog Helm


Ada beberapa perbedaan antara TO dan AF, yakni sebagai berikut:

1. Perbedaan Arti

Dari segi arti, keduanya sudah sangat berbeda, di mana tear off bila diterjemahkan ke bahasa Indonesia artinya adalah mencabut.

 

Sedangkan anti fog bila diterjemahkan artinya adalah anti kabut atau lebih tepatnya adalah anti embun.

 

2. Perbedaan Fungsi Anti Fog dan Tear OFF

Dari segi fungsi, keduanya pun bertolak belakang, di mana anti fog bertugas untuk meminimalisir adanya embun di bagian dalam kaca helm ketika ada perbedaan suhu antara bagian dalam helm dan bagian luar helm.

 

Sedangkan tear off difungsikan untuk mempermudah dalam membersihkan kaca helm dan juga meminimalisir adanya goresan pada kaca helm.

 

Tear off sendiri difungsikan dengan cara dicabut atau dirobek ketika sudah kotor (jadi tear off ini tidak perlu diusap ketika kotor dan biasanya akan sekali pakai).

 

Oleh karenanya jika menonton MotoGP, maka jangan heran jika para pembalap akan mencabut lapisan di kaca helm, sebab memang lapisan(tear off)  di kaca helm tersebut memang seperti itu fungsinya.

 

3. Perbedaan Posisi Pemasangan

Dari segi pemasangan pun berbeda, di mana tear off dipasang di bagian luar kaca helm dan melindungi kaca helm dari luar.

 

Sedangkan anti fog akan dipasang di bagian dalam kaca helm karena memang yang biasa berembun adalah bagian dalam kaca helm.

 

Untuk itu jangan salah lagi dalam pemasangan karena memang keduanya berbeda dari segi pemasangan.

 

4. Perbedaan Ukuran Pin

Bila diperhatikan, ukuran pin untuk tear off (tear off post) ini biasanya akan lebih besar ketimbang untuk anti fog.

 

Jadi jika helm dari bawaannya sudah diberi pin, maka akan mudah untuk membedakan untuk apa pin tersebut.

 

Jika ukurannya relatif kecil, biasanya diperuntukkan untuk anti fog. Sedangkan jika ukuran pinnya besar, maka itu untuk tear off.

 

5. Perbedaan Lapisan Yang Dipakai

Dalam pemasangannya, anti fog biasanya hanya akan dipasang sebanyak satu lapis saja.

 

Sedangkan tear off biasanya dipasang lebih dari satu lapisan, misalnya saja 3 hingga 5 tergantung dengan kebutuhan.

 

Kenapa? Sebab tear off ini memang akan dicopot jika sudah kotor. Sedangkan anti fog biasanya tidak akan dicopot dalam penggunaannya.


 Video



Jadi sampai sini apakah sudah jelas? Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Irvan, S.E.
Irvan, S.E. Hallo, Saya Irvan, Saya adalah blogger yang sudah aktif menulis mengenai seluk-beluk permotoran sejak tahun 2019 dan sekarang merambah ke permobilan. Saya adalah lulusan SMK Otomotif di tahun 2015 dan lulus sebagai Sarjana Ekonomi di tahun 2019.

  Ikuti Kami di  -Google News-

 ⚠  Iklan  ⚠ 

 ⚠  Iklan  ⚠ 
 ⚠  Iklan  ⚠ 

Suka dengan artikel Satupiston.com? Jangan lupa subscribe kami di Youtube :)