Anti Fog Adalah Apa pada Helm?

Daftar Isi

Anti fog adalah apa pada helm? Masih ada yang bingung dengan hal ini termasuk kami, dan mari kita bahas saja bersama di artikel ini.

 

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. kali ini kita akan membahas mengenai anti fog helm.

 

Anti fog mungkin masih asing di sebagian bikers, tetapi bagi pecinta helm, wajib banget tahu mengenai anti fog ini.

 

Elemen yang satu ini memang biasanya ada di helm “premium”, meski sebenarnya kita bisa saja beli anti fog ini untuk dipasangkan di visor helm.

 

Tetapi pastikan kaca helm memang sudah support atau bisa dipasangi dengan anti fog.

 

Sebab jangan sampai beli anti fog dan ternyata kaca helm tidak bisa dipasangkan anti fog.

 

Anti Fog Adalah Apa pada Helm?

Anti Fog Adalah Apa pada Helm?
Contoh anti-fog yang terpasang pada kaca helm (warna semi kuning). Sumber: Tokopedia.com/kurniavariasi


Fog artinya adalah kabut. Jadi pada helm, anti fog ini maksudnya adalah komponen anti kabut. Biasanya anti fog ini berupa lapisan mirip kaca yang akan dipasangkan pada kaca atau visor helm.

 

Fungsinya sangat vital, terlebih jika kita pakai masker saat pakai helm atau saat helm dipakai dalam kondisi hujan atau saat udara di luar lebih rendah (dingin).

 

Pada salah satu helm seperti NHK GP Prime, anti fog ini sudah didapat dalam paket pembelian.

 

Adapun sekali lagi, biasanya anti fog ini tidak bisa dipasang secara sembarangan, sebab tidak semua kaca helm bisa dipasang anti kabut dari merek atau model tertentu.

 

Bicara soal merek, salah satu merek anti fog terkenal adalah Pinlock, di mana kata Pinlock ini pun kerap tertukar dengan komponen anti fog itu sendiri (mirip seperti semua pasta gigi yang disebut odol).

 


Perbedaan Anti Fog 30, 70, dan 120

Bila dilihat-lihat, anti fog ini punya beberapa ukuran nilai, seperti 30, 70 dan 120. Adapun hal tersebut memiliki perbedaan tersendiri.

 

Anti fog 30 adalah anti kabut yang kerap dipasangkan atau digunakan di mana untuk nilai ini bisa digunakan baik siang atau pun malam.

 

Kenapa? Sebab warnanya yang terbilang clear atau bening sehingga bisa digunakan dalam kondisi siang dan malam.

 

Untuk anti-fog nilai 70, ini adalah anti-fog yang lebih besar ukurannya di mana warna anti-fog ini tersedia dalam beberapa warna dan bukan hanya bening melainkan smoke, dark smoke, hingga semi kuning.


Untuk ukuran 120? Ya, anti kabut ukuran ini lebih mantap dari segi performa dan kerap digunakan di ajang balap seperti WSBK hingga MotoGP, terlebih jika balapan dalam kondisi hujan atau mendung.

 

Dan pada anti-fog ukuran ini, biasanya ditawarkan dalam beragam warna mulai dari yang bening, smoke, gelap pekat, hingga kuning.

 

Pilih Anti-Fog Yang Mana?

Untuk penggunaan harian, kami rasa anti fog 30 sudah cukup. Mengingat memang harganya juga yang lebih murah dari anti-fog ukuran 70 atau pun 120.

 

Untuk urusan pewarnaan, silahkan sesuaikan saja dengan kebutuhan. Dan jika visor atau kaca helm sudah gelap, sebaiknya pakai yang bening saja agar tidak menambah gelap pemandangan.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini. Akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.  

Irvan, S.E.
Irvan, S.E. Hallo, Saya Irvan, Saya adalah blogger yang sudah aktif menulis mengenai seluk-beluk permotoran sejak tahun 2019 dan sekarang merambah ke permobilan. Saya adalah lulusan SMK Otomotif di tahun 2015 dan lulus sebagai Sarjana Ekonomi di tahun 2019.

  Ikuti Kami di  -Google News-

 ⚠  Iklan  ⚠ 

 ⚠  Iklan  ⚠ 
 ⚠  Iklan  ⚠ 

Suka dengan artikel Satupiston.com? Jangan lupa subscribe kami di Youtube :)