Air Zuur Adalah Apa? Cocok Untuk Apa?

Daftar Isi

Air zuur adalah apa? Elemen yang satu ini kerap disebut juga sebagai aki zuur dan tahu kah kalian jika cairan yang satu ini termasuk berbahaya bagi tubuh manusia atau bahkan makhluk hidup?

 

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. kali ini kita akan membahas mengenai aki zuur.

 

Pada aki basah, biasanya diisi dengan cairan elektrolit guna beraksi dengan sel aki dan menghasilkan energi listrik dengan arus DC.

 

Ya begitulah, aki basah ini memang perlu cairan dan jika cairannya berkurang karena penguapan, maka harus diisi kembali agar takarannya sesuai.

 

Di pasaran sendiri, air aki biasanya dibagi pada dua bagian yakni air aki itu sendiri (air accu) serta air zuur.

 

Lalu apa perbedaan di antara keduanya?

 

Air Zuur Adalah Apa?

Air Zuur Adalah Apa? Cocok Untuk Apa?

Air zur biasanya merujuk pada cairan elektrolit yakni perpaduan antara air suling yang dihilangkan moneralnya dan dipadukan dengan asam sulfat.

 

Karena memiliki asam sulfat, maka cairan ini termasuk cairan yang berbahaya sehingga harus dijauhkan dari anak-anak atau sebisa mungkin sentuhan langsung dengan kulit dan juga mata.

 

Air zuur ini biasanya akan dimasukan pada aki saat aki dalam keadaan kosong dan hendak diisi cairan elektrolit untuk pertama kalinya.

 

Jadi aki zuur ini tidak cocok untuk diisikan ketika cairan elektrolit pada aki berkurang karena adanya penguapan.

 

Sebab menambahkan air zuur pada aki yang cairan elektrolitnya berkurang akan membuat asam sulfat menjadi lebih pekat dan berpotensi mengubah berat jenis cairan aki serta membuat sel aki jadi cepat rusak.

 

Aki Zuur Cocok Untuk Apa?

Seperti yang dibahas sebelumnya, aki zuur ini cocoknya diisikan saat aki dalam keadaan kosong dan hendak diisi cairan elektrolit untuk pertama kali.

 

Pengisian aki zuur pada aki yang sudah ada cairan elektrolitnya bisa membuat berat jenis air aki berubah dan berpotensi merusak sel aki.

 

Untuk itu, diperlukan air suling yang akan dibahas di sub judul sebelumnya.

 

Apa Itu Air Aki?

Untuk air aki, ini biasanya disebut sebagai air accu atau air accumulator. Berbeda dengan aki zuur, air accu ini biasanya hanya terdiri dari air suling saja tanpa dibarengi dengan asam sulfat.

 

Karena hanya terdiri dari air murni tanpa adanya mineral, maka tidak heran jika banyak yang mengakali menggunakan air hujan untuk menggantikan air aki ini.

 

Sebab air hujan sendiri nihil akan mineral namun karena terkadang di langit penuh dengan polusi, maka tidak heran jika bisa saja air hujan ini tidak murni merupakan air dan bisa tercampur dengan polusi.

 

Imbasnya? Imbasnya adalah beberapa ahli mentgatakan untuk tidak menggunakan air hujan karena dikhawatirkan kandungan airnya sudah tercemar.

 

Soal kemasan produk, biasanya air accu dikemas dengan botol yang identik dengan warna biru.

 

Sedangkan untuk aki zuur atau air zuur biasanya dikemas dengan kemasan yang identik dengan warna merah.

 

Dan untuk aki zuur, sering juga ditemukan beberapa tulisan peringatan yang menyebutkan jika air tersebut merupakan cairan yang berbahaya.

 

Sehingga kerap dianjurkan untuk melakukan beberapa bentuk pencegahan seperti harus pakai sarung tangan saat memakainya, hingga harus dijauhkan dari jangkauan anak-anak guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Irvan, S.E.
Irvan, S.E. Hallo, Saya Irvan, Saya adalah blogger yang sudah aktif menulis mengenai seluk-beluk permotoran sejak tahun 2019 dan sekarang merambah ke permobilan. Saya adalah lulusan SMK Otomotif di tahun 2015 dan lulus sebagai Sarjana Ekonomi di tahun 2019.

  Ikuti Kami di  -Google News-

 ⚠  Iklan  ⚠ 

 ⚠  Iklan  ⚠ 
 ⚠  Iklan  ⚠ 

Suka dengan artikel Satupiston.com? Jangan lupa subscribe kami di Youtube :)