Berapa Lama Charger Aki 12V 7Ah ? Harus Ketahui Hal Ini Dulu!!!

Daftar Isi

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai berapa lama charger aki 12v 7Ah? Yang jelas harus perhatikan beberapa hal yang akan kita bahas ini.

 

Aki 12 Volt 7 Ah nampaknya menjadi aki yang jarang digunakan pada motor-motor umum seperti motor bebek atau pun metik entry level.

 

Aki dengan tegangan 12V 7Ah sendiri cenderung digunakan pada beberapa motor klasik serta sport full fairing berkubikasi 250 cc.

 

Bicara soal pengisian daya atau charger pada aki, biasanya akan ada yang bertanya mengenai berapa lama sih? Lama gak? Dan pertanyaan lainnya.

 

Terlebih bagi kita yang tidak banyak waktu untuk menitipkan aki pada tukang cas aki.

 

Berapa Lama Charger Aki 12V 7Ah ?

Jawabannya adalah tergantung dari mode pengecasan yang hendak digunakan. Jika menggunakan mode cepat atau singkat, maka lama pengecasan bisa memakan waktu selama 1 jam.

 

Sedangkan jika menggunakan mode standar atau mode normal yang direkomendasikan, maka bisa memakan waktu minimal 5 hingga 10 jam.

 

Tentu saja, ada perbedaan efek hingga kapasitas ampere yang diberikan pada kedua mode charger yang telah kita sebutkan di atas.

 

Besaran Ampere Charger Aki 12V 7Ah

Berapa Lama Charger Aki 12V 7Ah ? Harus Ketahui Hal Ini Dulu!!!


Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, mode pengecasan pada aki 12 Volt 7 Ampere Hours ini memiliki beberapa perbedaan.

 

Kita ambil contoh aki yang digunakan oleh Yamaha R25 yakni GS Astra GTZ8V yang mengusung spesifikasi 12 Volt serta kapasitas total 7.4 Ah.

 

Aki yang terkategori 12V 7Ah tersebut butuh asupan ampere dan prediksi waktu pengecasan sebagai berikut:

  • Standar atau normal =>  0.7 Ampere x 5 – 10 jam
  • Cepat => 3.5 Ampere x 1 Jam

 

Kedua cara tersebut setidaknya bisa mengisi aki yang berkapasitas 7 Ah dengan tegangan 12 Volt,

 

Namun efek dari kedua metode pengecasan di atas akan sedikit berbeda. Apa saja?

 

Perbedaan Efek Charger Mode Standar/ Normal vs Cepat

Dari segi efek yang ditimbulkan, berikut urainnya:

Mode Cepat

  • Bisa membuat aki jadi lebih panas
  • Waktu pengisian jadi lebih cepat
  • Pengisian biasanya tidak begitu maksimal dan mudah tekor kembali

 

Mode Standar/ Normal

  • Suhu aki saat pengisian cenderung lebih  rendah karena ampere yang disisipi pada aki cenderung lebih rendah yakni di bawah 1 ampere
  • Membutuhkan waktu lama bahkan hampir seharian
  • Pengisian biasanya lebih maksimal sehingga membuat aki bisa lebih awet dengan catatan aki masih berfungsi dengan baik dan tidak bocor

 

Bagus Charger Aki Mode Cepat atau Normal?

Untuk pembahasan ini, secara kualitas, jelas mode normal lebih bagus karena akan membuat aki lebih maksimal pengisiannya.

 

Namun karena waktu yang terbatas, tak jarang orang-orang lebih memilih untuk menggunakan mode cepat atau quick.

 

Ya keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, namun jika bicara mengenai bagus atau tidaknya, kami akan menjawab bagus yang mode normal atau standar.

 

Ciri Aki Yang Masih Bisa Dicas

Pada dasarnya, aki ini mirip baterai pada HP atau baterai secara umum. Tidak semua baterai bisa dicas.

 

Salah satu faktornya adalah karena masalah performa dari baterai atau aki itu sendiri. Intinya, jika baterai tidak bocor hingga tidak kembung dan masih bisa menyimpan daya listrik, maka baterai atau aki tersebut masih bisa dicas.

 

Sebaliknya, jika aki atau baterai bisa dicas namun langsung drop atau langsung kehilangan banyak voltase hingga ampere dalam beberapa jam saja, maka sudah dapat dipastikan jika aki sudah rusak.

 

Artiikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Irvan, S.E.
Irvan, S.E. Hallo, Saya Irvan, Saya adalah blogger yang sudah aktif menulis mengenai seluk-beluk permotoran sejak tahun 2019 dan sekarang merambah ke permobilan. Saya adalah lulusan SMK Otomotif di tahun 2015 dan lulus sebagai Sarjana Ekonomi di tahun 2019.

  Ikuti Kami di  -Google News-

 ⚠  Iklan  ⚠ 

 ⚠  Iklan  ⚠ 
 ⚠  Iklan  ⚠ 

Suka dengan artikel Satupiston.com? Jangan lupa subscribe kami di Youtube :)