Persamaan Seal Shock Depan R15, Awas Jangan Salah Beli !!!

Daftar Isi


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai persamaan dari seal shock depan milik R15.

 

R15 merupakan motor dengan jenis sport berfairing dari pabrikan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

 

Di Indonesia sendiri, yang terkenal adalah R15 V2 serta R15 VVa atau R15 V3. R15 V3 sendiri memiliki kubikasi mesin sebesar 155,1 cc, selain itu R15 V3 sanggup mengeluarkan power terbaiknya di angka 14,2 kW pada putaran 10.000 rpm, sedangkan torsi terbaiknya ada di angka 14,7 Nm pada putaran 8.500 rpm.

 

R15 V2 dan V3 sendiri memiliki perbedaan shock depan. R15 V2 menggunakan shock teleskopik, sedangkan R15 V3 menggunakan shock upside down.

 

Oleh karenanya dalam artikel ini kami akan bedakan persamaan dari seal shock R15 V2 dan R15 V3.

 

Penyebab Seal Shock Depan Bocor

Nah soal seal shock depan dari motor R15, ada beberapa penyebab kenapa seal shock depan menjadi rusak atau bocor. Diantara beberapa penyebab tersebut adalah sebagai berikut:

 

1. Sering terkena kotoran (misal pas hujan), dan kotoran tersebut tidak segera dibersihkan sehingga menggores seal.

2. Sering menghantam lubang dengan kecepatan yang tidak pelan.

3. Sering berada dalam posisi standar satu atau standar samping dalam jangka waktu lama misal berhari-hari hingga berminggu-minggu.

4. Seal shock sudah termakan usia.

5. Kualitas seal shock pengganti kurang berkualitas.

 

Persamaan Seal Shock R15 V2

Persamaan Seal Shock Depan R15, Awas Jangan Salah Beli !!!
Sumber: tokopedia.com

R15 V2 memiliki persamaan seal shock depan dengan Yamaha Scorpio serta Yamaha Vixion. Ukuran seal shock depan R15 V2 adalah berukuran 33 mm x 45 mm.

 

Angka 33 mm sendiri merupakan ukuran diameter as shock depan, sedangkan angka 45 mm merupakan diameter lingkar luar dari seal shock depan.

 

Kode dari seal shock depan yang dapat digunakan diantaranya adalah seal shock dengan kode 5BP-F3145-00.

 

Persamaan Seal Shock R15 V3 VVa

Persamaan Seal Shock Depan R15, Awas Jangan Salah Beli !!!
Sumber: yamaha-motor.co.id

R15 VVa V3 memiliki persamaan seal shock depan dengan Xabre dan MT-15. Seperti yang kita ketahui juga bahwa Xabre sudah menggunakan shock upside down terlebih dahulu bila dibandingkan dengan R15 V3 VVa.

 

Kode part dari seal shock yang dapat digunakan adalah kode part dengan awalan BK6 atau seal shock dengan kode B48-F3145-00.

 

Nah jika kalian merasa kurang yakin dengan persamaan seal shock dalam artikel ini, maka kalian dapat manfaatkan aplikasi marketplace seperti Bukalapak, Shopee, dan lain sejenisnya untuk mencari seal shock dari R15 baik itu yang ori maupun yang aftermarket.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Irvan, S.E.
Irvan, S.E. Hallo, Saya Irvan, Saya adalah blogger yang sudah aktif menulis mengenai seluk-beluk permotoran sejak tahun 2019 dan sekarang merambah ke permobilan. Saya adalah lulusan SMK Otomotif di tahun 2015 dan lulus sebagai Sarjana Ekonomi di tahun 2019.

  Ikuti Kami di  -Google News-

 ⚠  Iklan  ⚠ 

 ⚠  Iklan  ⚠ 
 ⚠  Iklan  ⚠ 

Suka dengan artikel Satupiston.com? Jangan lupa subscribe kami di Youtube :)