11 Pilihan Oli Terbaik Untuk Megapro Primus

Daftar Isi


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai 11 pilihan oli terbaik untuk motor Honda Megapro Primus.

 

Megapro Primus ini merupakan motor yang desainnya mirip-mirip dengan Honda Tiger lama. Megapro Primus sendiri memiliki nama resmi yakni Honda Megapro Advance.

 

Baca JugaReview Oli Federal Ultratec 20W-50, Cocok Untuk Motor Apa?


Megapro Primus dibekali dengan mesin berkubikasi sebesar 156.7 cc atau jika dibulatkan berkubikasi sebesar 160 cc namun tetap terkategori sebagai motor dengan kubikasi sebesar 150 cc.

 

Baca Juga: Spek Megapro Primus, Motor Laki Yang Kini “Mati”

 

Sebelum era Yamaha Vixion merebut pasar motor sport entry level di Indonesia, sudah lebih dulu dan cukup lama Honda Megapro merajai segmen pasar motor sport entry level di Indonesia.

 

Nah untuk sekarang sendiri Honda Megapro Primus atau seri lain di atasnya sudah tidak diproduksi lagi oleh Astra Honda Motor (AHM) dan eksistensi Megapro dilanjutkan oleh Honda CB150R hingga Honda CB150 Verza.

 

Meskipun sudah tidak dijual dan diproduksi lagi oleh Astra Honda Motor (AHM), namun nyatanya penjualan motor bekas dari Megapro Primus masih tetap ada dan para pemiliknya pun tetap masih ada terutama di area pulau Jawa.

 

Nah dalam artikel kali ini, berikut kami paparkan beberapa pilihan oli yang cocok untuk motor Megapro Primus.

 

Sebelum itu kita akan beri kisi-kisi terlebih dahulu bahwa Honda Megapro Primus terkategori sebagai motor mulai memasuki mesin yang tua. Artinya oli yang kami rekomendasikan adalah oli yang kental.

 

Jika motor sering dipakai, maka rekomendasi dari kami adalah oli dengan kekentalan SAE 20W-50 atau SAE 20W-40.

 

Tetapi jika Honda Megapro kalian jarang digunakan namun tetap berumur tua maka kita dapat gunakan oli dengan kekentalan 15W-40 atau oli dengan kekentalan 15W-50. Yang jelas jangan menggunakan oli yang encer atau terlalu encer karena dapat menyebabkan suara mesin berisik serta kampas kopling berpotensi slip.

 

Oh iya, Megapro Primus sendiri menggunakan oli dengan takaran sebanyak 1 liter atau 1000 ml. oleh karenanya jangan menggunakan oli yang berkapasitas 800 ml atau 0.8 liter karena takarannya kurang sesuai.

 

Baiklah, berikut rekomendasi oli mesin untuk Megapro Primus.

 

1. Enduro 4T (SAE: 20W-50)

11 Pilihan Oli Terbaik Untuk Megapro Primus

Oli yang satu ini datang dari pabrikan BUMN di negara kita tercinta yakni Pertamina. Enduro 4T 20W-50 dapat dikatakan memiliki kekentalan yang cukup kental yang cocok untuk motor seperti Megapro Primus hingga Yamaha Byson.

 

Enduro 4T 20W-50 sendiri tersedia dalam dua takaran yakni takaran 1 liter serta 0.8 liter. Nah sebagai informasi tambahan, Enduro 4T 20W-50 sendiri dalam kemasannya menawarkan kelebihan yakni “Anti Slip Kopling”.

 

Jika kalian penasaran dengan review dari Enduro 4T 20W-50, berikut kami sajikan artinya pada link di bawah ini:

 

Baca Juga: Review Penggunaan Oli Enduro 4T 20W-50

 

2. BM1 PC 1000 (SAE: 15W-50)

11 Pilihan Oli Terbaik Untuk Megapro Primus


Selanjutnya adalah oli dari BM1 PC 1000 15W-50, sebenarnya oli yang satu ini terbilang lebih encer bila kita sandingkan dengan oli Enduro 4T 20W-50. Namun oli berbahan full sintetik ini kami rekomendasikan karena memang memiliki kualitas yang cukup baik.

 

Oli BM1 PC 1000 15W-50 ini tersedia dalam beberapa takaran diantaranya adalah takaran 0.8 liter serta takaran 1 liter.

 

Uniknya adalah kemasan dari oli ini adalah menggunakan plastik yang dikemas dengan kertas sebagai finishingnya. Oh iya, karena ini merupakan oli full sintetik, maka jangan heran jika harganya cukup mahal.

 

Jika kalian ingin membaca mengenai review oli yang satu ini, maka silahkan baca pada tautan link di bawah ini:

 

Baca Juga: Review Oli BM1 PC 1000 15W-50

 

3. MPX 3 (SAE: 20W-40)

11 Pilihan Oli Terbaik Untuk Megapro Primus
Sumber: astra-honda.com


Selanjutnya adalah oli dari Astra Honda Motor atau AHM yakni MPX 3. Oli yang satu ini memang direkomendasikan oleh Astra Honda Motor (AHM) untuk motor-motor yang sudah mulai tua seperti Megapro Primus ini.

 

Sebenarnya AHM atau Astra Honda Motor menyediakan dua pilihan oli MPX untuk motor dengan jenis kopling manual. Namun karena MPX 1 terbilang merupakan oli encer, maka kami tidak merekomendasikannya. Simak perbedaan antara MPX 1 dan MPX 3 pada link artikel di bawah ini:

 

Baca Juga: Perbedaan Oli MPX 1 dan MPX 3 dari AHM, Ini Loh Bedanya

 

4. Shell Advance AX5 4T (SAE: 15W-40)

11 Pilihan Oli Terbaik Untuk Megapro Primus
Sumber: tokopedia.com


Selanjutnya adalah oli asal perusahaan Inggris - Belanda yakni Shell Advance AX5 4T 15W-40. Oli yang satu ini dapat dibilang lebih encer bila dibandingkan dengan oli-oli yang kita sebutkan sebelumnya di atas, namun Shell Advance AX5 4T tetap kami rekomendasikan karena konon kabarnya ada versi AX5 versi kekentalan 20W-40.

 

Tetapi, untuk Megapro Primus yang jarang keluar rumah atau banyak terparkir di rumah kami rasa oli yang satu ini bisa jadi pilihan. Alasan utama kami merekomendasikan oli adalah oli ini termasuk oli yang harganya cukup murah yakni di bawah Rp. 50.000-an untuk takaran 1 liternya.

 

Untuk review oli Shell Advance AX5 4T SAE 15W-40 kami sajikan pada link di bawah ini:

 

Baca Juga: Review Oli Shell Advance AX5 4T 15W-40

 

5. Mesran Super (SAE: 20W-50)

11 Pilihan Oli Terbaik Untuk Megapro Primus
Sumber: tokopedia.com

List oli rekomendasi untuk Megapro Primus selanjutnya datang dari pabrikan Pertamina lagi yakni Mesran Super dengan kekentalan 20W-50.

 

Oli yang diproduksi oleh perusahaan BUMN ini menjadi salah satu oli yang cukup banyak dicari oleh beberapa bikers di Indonesia. Alasannya tentu karena oli Mesran Super ini memiliki kualitas yang tidak kalah dengan oli-oli dari pabrikan luar.

 

Sebagai informasi tambahan, kalian dapat mencari oli Mesran Super pada SPBU Pertamina terdekat.

 

6. Prima XP (SAE: 20W-50)

11 Pilihan Oli Terbaik Untuk Megapro Primus
Sumber: shopee.co.id

Oli rekomendasi selanjutnya adalah Prima XP yang juga merupakan produk oli dari Pertamina. Nah oli yang satu ini tersedia untuk mobil.

 

Oli yang satu ini memiliki kekentalan yang cukup kental dan tentunya cocok untuk Megapro Primus yang kita miliki.

 

Baca JugaKelebihan dan Kekurangan Oli Prima XP Untuk Motor


7. TOP 1 MC (SAE: 20W-50)

11 Pilihan Oli Terbaik Untuk Megapro Primus
Sumber: tokopedia.com

Rekomendasi oli selanjutnya adalah oli TOP 1 yang dulu sempat ngehits. TOP 1 sendiri cukup banyak mengeluarkan varian oli dan salah satunya adalah TOP 1 MC dengan kekentalan 20W-50.

 

Oli yang identik dengan warna ungu dan kemasan kaleng bundar ini rasanya sudah mulai langka ya? Namun jika masih ada stoknya di toko atau di bengkel, kami rasa oli yang memiliki sertifikasi Jaso MA2 ini layak jadi salah satu pilihan atau alternatif untuk oli Megapro Primus.

 

Oli dengan sertifikasi MA2 sendiri memiliki zat aditif yang lebih baik dari pada oli yang memiliki sertifikasi Jaso MA saja.

 

8. Repsol Elite Super (SAE: 20W-50)

11 Pilihan Oli Terbaik Untuk Megapro Primus
Sumber: tokopedia.com

Selanjutnya adalah oli dari Repsol yakni Elit Super dengan kekentalan SAE 20W-50. Oli yang satu ini sama seperti oli TOP 1 yakni cukup sulit dijumpai.

 

Namun untuk merek atau brand dari Respol sendiri tidak usah diragukan lagi kualitasnya, sebab oli dengan merek Repsol ini sendiri konsisten jadi sponsor salah satu tim balap di MotoGp.

 

9. Deltalube Adventure 731 Super 4T (SAE: 20W-50)

11 Pilihan Oli Terbaik Untuk Megapro Primus
Sumber: shopee.co.id


Oli yang satu ini dapat dikatakan kurang terkenal juga. Tapi oli yang satu ini tidak boleh dilewatkan begitu saja sebagai alternatif pilihan bagi Megapro Primus.

 

Oli yang berharga sekitar Rp. 80.000-an untuk satu kemasan dengan takaran 1 liter ini diklaim mampu bertahan hingga jarak tempuh atau masa pakai 13.000 Km hingga 16.000 Km. Wow sekali bukan?

 

10. Castrol Activ 4T (SAE: 20W-50)

11 Pilihan Oli Terbaik Untuk Megapro Primus
Sumber: bukalapak.com

Selanjutnya adalah oli Castrol Activ 4T yang memiliki kekentalan sebesar 20W-50 yang tentunya cocok untuk Megapro Primus yang kita pakai.

 

Oli yang satu ini terbilang cukup murah harganya yakni sekitar Rp. 50.000-an untuk kemasan atau takaran 1 liternya.

 

11. Motul Multi Power (SAE: 20W-50)

11 Pilihan Oli Terbaik Untuk Megapro Primus
Sumber: tokopedia.com

The last atau yang terakhir dalam list kami adalah oli Motul Multi Power yang memiliki kekentalan 20W-50 serta memiliki harga sekitar Rp. 90.000-an pertakaran 1 liternya.

 

Brand serta kualitas dari Motul sendiri tidak perlu diragukan lagi. Yang jelas untuk kalian yang punya budget lebih, tidak ada salahnya untuk menggunakan oli dari Motul yang satu ini untuk Megapro Primus kita.

 

Nah itu dia 11 rekomendasi oli yang terbaik dan yang cocok untuk Honda Megapro Primus. Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Irvan, S.E.
Irvan, S.E. Hallo, Saya Irvan, Saya adalah blogger yang sudah aktif menulis mengenai seluk-beluk permotoran sejak tahun 2019 dan sekarang merambah ke permobilan. Saya adalah lulusan SMK Otomotif di tahun 2015 dan lulus sebagai Sarjana Ekonomi di tahun 2019.

  Ikuti Kami di  -Google News-

 ⚠  Iklan  ⚠ 

 ⚠  Iklan  ⚠ 
 ⚠  Iklan  ⚠ 

Suka dengan artikel Satupiston.com? Jangan lupa subscribe kami di Youtube :)