Pengertian Touring

Daftar Isi


Pengertian Touring


Satupiston.com – Assalamu’alaikum, kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai perngertian dari touring.


Berawal dari sebuah game balap mobil di konsol Playstation yang sering menunjukan challenge atau tantangan touring, di situ kami mulai penasaran dengan yang namanya touring.

Sebetulnya kami paham sih sedikit-sedikit mengenai pengertian touring, terutama bagi pengguna sepeda motor.

Namun rasanya tidak ada salahnya jika kami lebih dalami lagi mengenai pengertian touring.

Arti Touring

Kita mulai atau awali dengan mencari arti dari touring. Touring sendiri merupakan sebuah kata yang berasal dari Bahasa Inggris. Oleh sebab itu jika kita ingin mengetahui artinya, maka kita harus terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia dulu.

Touring sendiri bila kita terjemahkan artinya bersiar. Nah arti tersebut akan kita dapatkan melalui Google Translate jika kita masukan kata touring. Namun jika kita lebih telisik lagi, maka touring sendiri memiliki kata dasar yakni tour.

Tour sendiri memiliki makna tur atau berwisata. Sedangkan imbuhan “ing” (jadi touring), pada akhir kata tour menandakan bahwa “kegiatan tersebut tengah dilakukan”.

Jadi jika kita definisikan atau artikan touring secara perkata, maka maksudnya adalah bahwa “melakukan tur”.

Contoh kasusnya mungkin adalah seperti berikut:

A: Hai brother, what are you doing ???

B: I’m Touring.

Dari percakapan di atas, dapat kita pahami bahwa “Si B tengah melakukan tur”.

Jadi apakah definisi tersebut sudah cukup untuk menggambarkan makna dari touring????

Sebetulnya sampai di sana pun kita suah paham bahwa yang namanya touring maksudnya adalah melakukan tur atau melakukan perjalanan wisata.

Namun secara non baku dan lebih spesifik, terutama bagi pengendara kendaraan bermotor, touring juga dimaknai sebagai tour dan riding.

Riding sendiri memiliki kata dasar ride yang artinya adalah berkendara. Jadi pada kasus ini, touring dapat dimaknai sebagai berkendara untuk melakukan wisata.

Ciri-Ciri Touring Pengendara Sepeda Motor

Ada beberapa ciri touring bagi pengendara sepeda motor. Hal tersebut adalah sebagai berikut:

1. Touring biasanya dilakukan dari suatu tempat ke tempat lain yang jaraknya relatif jauh. Bisa antar kota/ kabupaten, hingga antar negara.

2. Touring biasanya dilakukan menggunakan motor khusus yakni motor touring, adventure, cruiser, maupun motor umum yang sedikit dimodifikasi untuk keperluan perjalanan jauh.

3. Touring menjadi agenda bagi sebagian komunitas motor yang mana dengan demikian biasanya touring dilakukan secara berkelompok.

4. Meski sering dilakukan oleh kelompok tertentu, namun tak jarang touring juga dapat dilakukan secara seorang diri.

5. Perlengkapan berkendara untuk touring diantaranya adalah jaket touring, sarung tangan, protekor, dan lain-lain.

Kesimpulan

Nah setelah kami jelaskan beberapa poin mengenai touring, jadi dapat kita simpulkan bahwa touring merupakan aktivitas melakukan perjalanan jauh (tur) ke tempat tertentu yang biasanya dilakukan menggunakan kendaraan bermotor yang dikhususkan untuk perjalanan jauh.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.


Irvan, S.E.
Irvan, S.E. Hallo, Saya Irvan, Saya adalah blogger yang sudah aktif menulis mengenai seluk-beluk permotoran sejak tahun 2019 dan sekarang merambah ke permobilan. Saya adalah lulusan SMK Otomotif di tahun 2015 dan lulus sebagai Sarjana Ekonomi di tahun 2019.

  Ikuti Kami di  -Google News-

 ⚠  Iklan  ⚠ 

 ⚠  Iklan  ⚠ 
 ⚠  Iklan  ⚠ 

Suka dengan artikel Satupiston.com? Jangan lupa subscribe kami di Youtube :)